PT Rect Media Komputindo

6 Tips Sukses Lamaran Magang di Semarang Anda Diterima

tips-sukses-magang

Hampir sebagian besar perguruan tinggi di Semarang mensyaratkan magang di Semarang  atau kerja praktek di Semarang sebagai salah satu program wajib mahasiswa untuk lulus menjadi seorang sarjana. Program magang, tidak hanya bagi mahasiswa, namun beberapa sekolah menengah pun menerapkan program ini. Disamping sebagai suatu syarat, magang juga merupakan pintu masuk mahasiswa ke dunia kerja profesional. Saat ini, sudah banyak perusahaan menganggap magang sebagai nilai tambah seorang kandidat dalam merekrut karyawan baru. Terlebih bagi fresh graduate yang telah mempunyai pengalaman kerja magang.

Pernahkah Anda mengirimkan lamaran magang di Semarang berkali-kali namun tidak ada yang berhasil?

Dalam menghadapi persaingan intens ini Anda tidaklah sendirian. Kabar baiknya, ada beberapa hal tertentu yang dapat membantu peluang Anda meningkat untuk diterima magang. Artikel ini akan membantu Anda menyoroti beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan lamaran magang di Semarang pada sebuah perusahaan.

1. Kenali perusahaan yang akan Anda lamar

Setiap perusahaan tentu mempunyai pertimbangan masing-masing dalam menerima kandidat magang. Mulai dari tahap perekrutan hingga kriteria kandidat. Akan lebih baik jika Anda pelajari dahulu background perusahaan magang yang Anda pilih. Mengetahui dengan baik kriteria magang perusahaan akan membuat peluang Anda diterima semakin besar. Dalam memilih perusahaan magang pun, sebaiknya sesuaikan dengan bidang keilmuan yang Anda tekuni. Hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri saat Anda lulus nanti.

2. Ketahui dengan pasti apa yang ingin Anda cari atau lakukan

Sebelum mengajukan lamaran magang, ketahui dengan pasti apa yang ingin Anda cari di sebuah perusahaan. Pengalaman, networking, atau hanya menjalani kewajiban dari kampus. Perusahaan akan lebih suka jika Anda sudah mempunyai tujuan atau hal tertentu yang ingin Anda lakukan selama program magang.

Saat ini, rata-rata perusahaan menawarkan program magang selama 3 bulan dengan menjalankan real project dari perusahaan. Coba tantanglah diri Anda untuk magang dengan lebih dari waktu yang ditentukan. Beri jaminan kepada perusahaan bahwa Anda berkomitmen selama kurun waktu magang tersebut. Karena tidak menutup kemungkinan jika performa kinerja Anda bagus, Anda akan ditawari untuk bekerja full time pada perusahaan tersebut.

3. Pentingnya Surat Lamaran (Cover Letter)

Penilaian kandidat magang sudah dinilai sejak Anda mengirimkan surat lamaran dan CV. Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah melampirkan CV tanpa menuliskan surat lamaran. Terlebih ketika Anda mengirimkan lamaran magang melalui email dengan hanya melampirkan CV tanpa menuliskan sesuatu pada badan email. Sebagus apapun CV Anda, besar kemungkinan CV Anda tidak akan dilihat oleh HRD perusahaan karena akan dianggap kurang profesional. Surat lamaran sangat penting untuk menunjukan etika dan minat Anda magang di suatu perusahaan. Usahakan buat surat lamaran yang menarik dan personal, bukan hanya dengan copy-paste dan mengganti nama perusahaan. Jangan lupa tuliskan alasan magang Anda dengan jelas.

4. Percantik CV dan Portofolio Anda

Sebagai komponen utama dalam mengajukan lamaran, CV merupakan representasi diri Anda. Perlu Anda ingat, HRD hanya punya waktu sedikit untuk membaca lamaran yang masuk.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat CV yang menarik dan unik agar HRD membaca keseluruhan CV. Karena hanya punya waktu yang terbatas, usahakan tetap buat CV yang simple namun tetap apik tanpa mengurangi kelengkapan data Anda.

Nah, jika Anda melamar pekerjaan magang designer atau yang berhubungan dengan keahlian mendesain seperti graphic designer, Anda dapat menunjukan kemampuan Anda dengan membuat desain CV yang kreatif. Keahlian photo editing yang Anda tampilankan dalam CV akan menjadi poin plus tersendiri.

Kedua, perusahaan akan menilai apakah skill Anda relevan dengan pekerjaan magang berdasarkan CV yang dibaca. Penting bagi Anda untuk menuliskan kemampuan hardskill dan softskill yang berkaitan dengan pekerjaan magang yang Anda lamar secara spesifik dan jelas. Hindari menulis skill yang memang bukan keahlian Anda, karena hal ini akan merugikan Anda di kemudian hari.

Ketiga, jika Anda memiliki portofolio yang sesuai dengan bidang pekerjaan, jangan lupa untuk dilampirkan. Mengapa perlu? Karena portofolio merupakan hasil nyata dari skill yang Anda cantumkan dalam CV. Dengan adanya portofolio, maka perusahaan akan mendapat gambaran yang lebih jelas tentang kemampuan Anda. Portofolio dapat diambil dari mana saja. Tugas-tugas kuliah maupun project yang pernah Anda lakukan. Sama halnya dengan CV, portofolio dapat Anda buat lebih menarik. Seperti misal dibuat dalam bentuk slide presentasi atau video interaktif.

Dari ketiga hal di atas, yang terpenting adalah membuat CV dan portofolio yang mencerminkan kualitas diri Anda. Karena pada dasarnya tidak ada namanya CV atau portofolio jelek. Yang ada adalah apakah CV dan portofolio Anda tepat sasaran atau tidak.

5. Etika Mengirimkan Email Lamaran

Sama halnya seperti CV tanpa surat lamaran, mengirim email tanpa subjek yang jelas akan membuat Anda terlihat tidak profesional. Bukan tanpa sebab jika akhirnya email Anda akan diabaikan dan tidak kunjung mendapat balasan. HRD perusahaan akan menilai Anda mulai dari bahasa yang digunakan hingga etika Anda mengirimkan email. Tentu Anda tidak ingin kehilangan kesempatan magang hanya karena hal sepele, bukan?

Biasanya, isi email dianggap menggantikan surat lamaran. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat email secara formal. Pertama, bukalah dengan salam dan sedikit perkenalan. Pada bagian isi jelaskan maksud dan tujuan magang, sertakan juga periode magang yang Anda ajukan. Terakhir, jangan lupa cantumkan ucapan terima kasih dan salam penutup, serta tulislah nama Anda di bagian bawah. Semakin Anda memperhatikan hal-hal kecil seperti ini, semakin besar peluang Anda diterima oleh perusahaan. Membiasakan diri menulis email secara profesional akan berguna ketika Anda bekerja nanti.

6. Ikuti Instruksi Perusahaan

Sesuai dengan poin pertama, Anda harus ingat bahwa setiap perusahaan berbeda. Hal ini pun berlaku dalam merekrut seorang kandidat, baik kandidat pegawai baru maupun kandidat magang.

Tergantung pada ukuran perusahaan, mereka mungkin akan memiliki prosedur dan instruksi sendiri yang harus Anda ikuti dalam melamar suatu posisi. Pastikan Anda mengikuti petunjuk dengan baik. Satu perusahaan mungkin hanya ingin Anda melengkapi formulir aplikasi, sementara yang lain mungkin ingin Anda mengirimkan CV lengkap beserta transkrip nilai, atau bahkan portofolio jika Anda memilikinya.

Jika Anda tidak mengikuti persyaratan spesifik perusahaan, bukan tidak mungkin lamaran Anda hanya akan menjadi tumpukan kertas atau tertumpuk email lain. Terlepas dari apakah Anda kandidat terbaik atau bukan.

Tertarik magang bisnis di bidang industri kreatif, seperti digital agency di Semarang?

Saat ini, industri kreatif Indonesia sedang mengalami perkembangan pesat. Thanks to digital era! Posisi yang ditawarkan dalam dunia magang bisnis industri kreatif pun bermacam-macam. Mulai dari bidang pekerjaan magang periklanan pada advertising agency atau digital agency, hingga pekerjaan magang programmer pada startup atau perusahaan IT lainnya.

Bagi Anda yang ingin mencicipi kerja di bidang ini, RECTmedia, sebagai satu dari perusahaan IT dan digital agency ternama di Semarang, menantikan orang-orang berbakat seperti Anda untuk magang di tempat kami. Kami membuka kesempatan, khususnya bagi Anda para programmer muda dan digital marketing enthusiast, yang ingin mengasah skill dalam dunia IT dan bisnis periklanan online. Persiapkan CV, Transkrip Nilai dan Portofolio terbaik Anda mulai dari sekarang dan segera kirimkan ke email kami di hrd@rectmedia.com. Mari bergabung dan jangan ragu untuk mengembangkan skill Anda bersama kami.

Exit mobile version