PT Rect Media Komputindo

Bagaimana Untuk Memaksimalkan Halaman Website Anda? Ini Tipsnya!

Tidak ada sihir atau tools ajaib untuk membuat halaman website yang bagus sehingga orang akan kecanduan dan mengunjunginya lagi dan lagi, tetapi ada hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu website Anda agar terus menarik perhatian. Beberapa hal yang menjadi kunci dan fokus untuk membuat website adalah website Anda mudah digunakan dan user-friendly. Dan lagi, website Anda harus cepat untuk di load pada browser dan memberikan informasi yang pengunjung butuhkan yang disajikan dengan tidak bertele-tele.
Sepuluh tips pada artikel ini akan membantu Anda meningkatkan webpage Anda dan membuat website Anda menjadi sesuatu yang pengunjung inginkan dan membuat mereka tertarik untuk mengunjungi dan membaca sehingga mereka akan menyampaikan kepada orang lain mengenai website Anda.

 

1. Halaman Website Anda Harus Dengan Cepat Dimuat Oleh Browser

Jika Anda tidak melakukan apapun untuk meningkatkan halaman web Anda, Anda harus membuat website Anda dimuat secepat mungkin oleh browser. Mungkin ini juga dipengaruhi oleh koneksi internet yang dipakai oleh Anda dan calon pengunjung website Anda. Anda harus mempertimbangkan hal tersebut, karena jika website Anda terlalu banyak konten yang sebenarnya bisa di ringkas, terlalu banyak gambar dan terlalu banyak hal yang lain yang sebenarnya bisa dikurangi, browser pengunjung akan lebih banyak mendownload konten untuk ditampilkan, dan bagi mereka yang memiliki koneksi internet yang lambat, konten-konten tersebut akan menjadi lebih lama dimuat oleh browser.

Segala hal mengenai kecepatan adalah bahwa orang hanya memperhatikan ketika itu tidak ada. Jika website Anda cepat untuk dimuat, sebenarnya pengunjung tidak akan pernah menyadarinya, namun ini akan membuat pengunjung akan terus mengunjungi website Anda.

 

2. Halaman Website Anda Harus Menjadi Yang Pengunjung Butuhkan.

Menulis untuk web berbeda dengan menulis untuk media cetak. Orang kebanyakan akan mencari sebuah keyword pada search engine untuk menemukan sebuah tulisan yang singkat, ringkas, dan langsung memberikan jawaban, tanpa harus menscroll terlalu panjang untuk membaca.

Anda ingin isi dari halaman Anda memberikan apa yang pengunjung inginkan secara cepat, tetapi memberikan detail yang cukup bari mereka dari A hingga Z. Ini terutama bagi Anda yang banyak memiliki banyak konten berupa text pada website anda.

 

3. Halaman Website Anda Perlu Navigasi Yang Jelas dan Mudah.

Anda tentunya tidak ingin pengunjung website Anda terjebak pada suatu halaman tanpa tahu dimana jalan keluarnya dimana. Disini Anda harus menyediakan sebuah ‘kompas’ bagi mereka berupa navigasi. Navigasi yang ada pada halaman website Anda haruslah jelas, langsung, dan mudah digunakan. Anda juga mungkin membutuhkan gaya tradisional website yaitu dengan menyajikan anchor link untuk membantu menemukan jalan mereka ke suatu halaman.

 

4. Anda Harus Menggunakan Sprites dan Gambar Kecil. 

Gambar kecil adalah mengenai kecepatan didownload, dan bukan mengenai ukuran fisik (piksel). Web designer sering membuat website agar tampil menarik jika mereka menggunakan gambar yang tidak terlalu besar. Namun, bukan hal yang disarankan jika Anda langsung menggunakan gambar hasil fotografi ataupun vector resolusi tinggi kedalam website Anda tanpa me-resize nya terlebih dahulu ke ukuran web.

Sprite CSS juga merupakan cara yang sangat penting untuk mempercepat gambar pada webpage Anda agar lebih cepat dimuat. Jika Anda memiliki beberapa gambar yang digunakan di beberapa halaman pada website Anda (seperti icon navigasi atau logo website Anda), Anda dapat memanfaatkan sprite untuk cache gambar, sehingga gambar-gambar tersebut tidak perlu didownload ulang pada halaman selanjutnya yang pengunjung kunjungi. Dan juga, dengan gambar berukuran besar yang disimpan pada cache, akan mengurangi request HTTP pada halaman Anda, yang mana ini adalah akan meningkatkan kecepatan akses website Anda.

 

5. Anda Harus Menggunakan Komposisi Warna Yang Sesuai

Warna sagat penting pada halaman web, tetapi warna memiliki arti tersendiri kepada pengunjung, dan menggunakan warna yang salah dapat menimbulkan konotasi yang salah jika Anda tidak berhati-hati. Halaman web Anda akan mudah untuk ditemui dibelahan bumi manapun selama ada koneksi internet. Jadi Anda harus berhati-hati dalam memilih komposisi warna yang Anda gunakan pada halaman website Anda, karena orang akan memiliki penilaian tersendiri terhadap warna yang Anda gunakan.

 

6. Anda harus ‘Think Locally and Write Globally’.

Seperti yang disebutkan diatas, bahwa website dapat diakses diseluruh dunia dan bersifat global. Jadi Anda harus memastikan bahwa hal-hal seperti mata uang, pengukuran, tanggal, dan waktu yang jelas (yang menjadi standard internasional) sehingga semua pembaca diseluruh dunia tahu persis apa maksud dari website Anda.

 

7. Anda harus mengeja semua kata dan kalimat dengan benar. 

Banyak orang yang tidak toleran terhadap kesalahan ejaan. Anda bisa saja menulis segalanya didalam website jika Anda tidak memperhatikan pengejaan kata. Ini mungkin adalah hal yang sederhana, tapi orang-orang akan menilai website Anda sebagai website yang berkualitas dari tulisan, dan ejaan dan tata bahasa,kesalahan dalam pengejaan merupakan indikator yang jelas dari kualitas bagi banyak orang.

 

8. Link Yang Anda Pakai Harus Bekerja Seperti Yang Diharapkan.

Jika Anda memberikan sebuah link reverensi pada konten website Anda, pastikan link tersebut merujuk pada halaman yang dimaksud, jangan sampai ada kejadian link tersebut diklik oleh pengunjung, dan pengunjung mendapati link tersebut tidak ditemukan, rusak, atau kadaluarsa. Jadi penting untuk menggunakan HTML validator dan link checker untuk membantu Anda memeriksa halaman tersebut masih aktif/rusak atau tidak.

 

9. Anda Harus Berhati-hati Dalam Menggunakan “Klik di sini”

Menganotasi sebuah link berararti bahwa Anda harus menulis link yang menjelaskan kemana pembaca selanjutnya harus pergi, dan apa yang akan mereka temukan disana. Dengan membuat link yang jelas dan pengantar yang jelas, akan membuat pengunjung ingin untuk mengekliknya.

Anda harus memberikan pendahuluan yang jelas dan tepat agar membantu pengunjung memahami dan sebelum mengeklik ‘klik di sini’ dan agar pengunjung yang berusia tua yang mungkin tidak paham apa yang dimaksud dengan ‘klik di sni’ menjadi tahu maksud Anda menaruh ‘klik di sni’. Anda tidak harus menggunakan ‘klik di sini’ sebagai teks link apapun, dan Anda dapat menggantikannya dengan link terkait dengan memberikannya sedikit deskripsi singkat.

 

10. Anda Harus Menyediakan Informasi Kontak

Banyak web designer merasa tidak nyaman dengan informasi kontak di situs web mereka. Rasanya seperti pelanggaran privasi. Anda mungkin berpikir “tapi bagaimana jika mereka benar-benar menghubungi saya?” Memang benar, itu bisa terjadi. Tapi kebanyakan kontak yang Anda terima akan berhubungan dengan situs Anda. Maka dari itulah Anda dianjutkan untuk tetap memberikan beberapa cara untuk menghubungi Anda, karena hal tersebut penting bagi sebuah situs web.

Informasi kontak mengingatkan orang bahwa situs tersebut dikelola oleh orang lain. Ini berarti mereka mungkin lebih peduli dan lebih bersedia untuk menghargai Anda sebagai pemilik website ketika mereka membuat kontak. Ditambah dengan meletakkan informasi kontak di situs Anda, Anda membantu pembaca Anda mempercayai Anda. Jika ada alamat email atau nomor telepon, mereka tahu bahwa mereka dapat menghubungi Anda jika ada masalah.

Dan akhirnya, jika Anda memiliki informasi kontak di situs Anda, yang perlu dilakukan adalah menindaklanjuti kontak tersebut. Menjawab kontak Anda adalah cara terbaik untuk membuat pengunjung tahan lama dan akan sering mengunjungi website Anda.

 

Dikutip dari Technology About.Com

Exit mobile version