PT Rect Media Komputindo

Hal-Hal Yang Perlu Anda Tahu Tentang SEO dan PPC

Dari judul artikel ini pasti Anda sudah familiar dengan dua istilah di atas. Terutama bagi Anda yang dalam kesehariannya bergelut dalam bidang digital marketing atau agensi iklan digital. SEO adalah istilah yang sangat lumrah diucapkan untuk Search Engine Optimization. Sedangkan PPC adalah singkatan dari Pay per Click. PPC akan sering Anda jumpai jika Anda menggunakan Google Ads dan Facebook Ads.

SEO dapat dicapai dengan meningkatkan rangking dalam hasil pencarian yang natural. Artinya Anda tidak memasang iklan apapun untuk memancing audience mengunjungi situs Anda. SEO menghasilkan pencarian organik. Dengan teknik yang baik dan benar, SEO akan membantu website Anda untuk tampil di halaman utama mesin pencarian alias search engine.

Sedangkan PPC, secara harafiah dapat Anda sebagai iklan dengan sistem bayar per klik. Dimana Anda hanya akan dikenakan pembayaran jika iklan Anda di klik oleh Audience. PPC akan sering Anda jumpai di platform iklan yang populer seperti Google Ads yang dulu dikenal dengan Google Adwords, dan Facebook Ads.

Iklan berbayar ini akan sangat mudah Anda deteksi dan lihat dari hasil pencarian mesin pencari. Biasanya akan tertera label Ads atau iklan, atau diberi warna latar belakang yang berbeda daripada hasil pencarian yang natural. PPC memungkinkan Anda untuk dengan cepat meletakan situs web Anda dibagian hasil bersponsor atau yang berlabel iklan pada mesin pencari.

Mana yang lebih baik: SEO atau PPC ?

Mana yang Lebih Baik: SEO atau PPC?

Dari pembahasan diatas, mungkin bagi Anda yang masih belajar dan masih awam dengan kedua istilah tersebut, akan terdengar sangat mirip. Kenyataanya kedua hal tersebut berbeda satu dengan yang lainnya. SEO dan PPC juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah pembahasan yang dapat menambah wawasan Anda sehingga Anda dapat menentukan mana yang cocok dengan bisnis dan sistem pemasaran Anda. 

Baik, anggaplah ada pertanyaan seperti ini, “Mana yang lebih baik untuk bisnis saya: SEO atau PPC?” Jawabannya adalah, tergantung. Pertanyaan ini bukanlah pertanyaan dengan jawaban A atau B. Namun jawaban ini tergantung pada situasi, tujuan, target pasar dari bisnis yang Anda lakukan. Ya betul, tergantung.

SEO berfokus pada pencarian organik. Sebagai fakta, pencarian organik menghasilkan lebih banyak volume dengan biaya per lead yang lebih baik daripada pencarian berbayar. Mengapa demikian? Jelas bahwa kebanyakan pengguna internet merasa enggan untuk berurusan dengan iklan berbayar, walaupun hanya sekedar klik. Keraguan mereka adalah munculnya asumsi dan stereotype bahwa hasil pencarian dengan label ‘Iklan’ merupakan clickbait atau jebakan betmen. Padahal tidaklah demikian.

Kembali ke topik. Pada kenyataanya bisnis baru dapat mengalami kesulitan memulai dengan SEO. Perlu dicatat bahwa dalam proses SEO, search engine seperti Google membutuhkan waktu untuk merayap dan memindai situs yang Anda. Sedangkan pencarian berbayar seperti PPC dapat menawarkan ‘jalan pintas’ kepada Anda terutama dalam hasil pencarian jika Anda melakukannya dengan benar dan tepat.

Dari kecenderungan di atas, ini semua kembali kepada strategi pemasaran digital Anda. Anda dapat melakukan riset pasar untuk memahami karakteristik calon pelanggan Anda. Dari situ maka Anda akan tahu bagaimana mereka menggunakan web dan aktifitas apa saja yang mereka lakukan dalam mesin pencarian. Hal tersebut adalah kunci untuk menentukan apakah pencarian berbayar, pencarian organik, atau kombinasi keduanya adalah pendekatan yang terbaik untuk calon pelanggan yang memiliki karatker yang selalu berubah.

Dalam ulasan ini, akan membantu Anda menentukan mana yang tepat untuk bisnis Anda. Selain itu akan bagaimana mengkolaborasikan antara pencarian organik dari SEO dan pencarian berbayar menggunakan PPC untuk menghasilkan hasil yang baik dalam proses marketing Anda.


Perlu Informasi yang Lebih Ringkas? Kontak Kami Untuk Pertanyaan Lebih Lanjut.


SEO vs PPC

Secara umum ada dua perbedaan signifikan antara SEO dan PPC. Yang pertama adalah iklan berbayar (PPC) muncul di bagian atas halaman pencarian, tepatnya di atas hasil pencarian organik yang dipengaruhi oleh SEO. Serta yang kedia adalah lalu lintas dari organik melalui SEO adalah lalu lintas yang gratis, sedangkan PPC memiliki biaya untuk setiap klik, ini jelas, karena PPC adalah akronim dari Pay per click.

Dalam banyak khasus, SEO dan PPC akan menjadi kolaborasi yang sangat baik ketika diintegrasikan dan diselaraskan secara tepat.

SEO Menekankan Pada Peningkatan Lalu Lintas Organik

Dikalangan marketers, SEO menghadapi pro dan kontra. Lalu apa saja pro dan kontra nya? Baik, mari kita mulai dari yang pro terlebih dahulu.

Awareness

Dalam mengelola SEO, Anda dianjurkan untuk memilih kata kunci yang tepat. Saat pelanggan potensial mulai menjelajah search engine dengan kata kunci yang sudah Anda targetkan, maka hasil di mesin pencari akan menampilkan bisnis Anda pada halaman pertama layaknya Anda memasang iklan, dan ini akan mendorong kesadaran merek.

Branding

Jika bisnis Anda muncul di sekitar istilah pencarian yang terkenal dan seperti pencarian permintaan informasi yang masih berkorelasi dengan bisnis Anda, hal ini dapat menjadi manfaat branding yang positif. Brand Anda akan secara tidak langsung dikaitkan sebagai situs yang relevan dan dipercaya oleh audience. Terutama saat mereka sedang mengajukan pertanyaan dalam rangka melakukan research tentang produk Anda yang akan mengarah pada pembelian produk. Biasanya audience akan melakukan tanya jawab sebelum memutuskan membeli produk. Nah, ini adalah kesempatan bagi Anda untuk dapat menjadi sumber suara yang relevan dan dianggap valid.

Kredibilitas dan Kepercayaan

Tampil dalam hasil pencarian organik terutama tampil pada halaman pertama layaknya sebuah prestasi. Dengan ini juga dapat mempengaruhi kredibilitas Anda terhadap audiens yang mencari produk Anda. Kecenderungannya adalah audience lebih banyak mengacuhkan iklan dan lebih percaya dengan hasil organik. Jika muncul dalam daftar pencarian organik, secara tidak langsung situs Anda akan diberi label 'terpercaya' oleh audience.

Website Traffic

SEO akan mampu meningkatkan lalu lintas dalam situs web Anda. Lalu lintas yang meningkat ini dapat memberi Anda lebih banyak peluang untuk mendorong brand awareness produk atau bisnis Anda. Serta mengedukasi calon pelanggan Anda mengapa harus membeli produk Anda.

Biaya per Klik

Berita baiknya adalah lalu lintas pencarian organik itu gratis. Memang dalam mengembangkannya membutuhkan waktu, usaha dan biaya. Namun tidak ada biaya langsung untuk setiap tayangan dan tidak ada biaya untuk setiap klik. .

Pengembalian investasi (ROI)

Lalu lintas mesin pencari organik dapat memberikan return of investment alias ROI yang lebih baik daripada bentuk media tradisional berbayar yang tentu saja meningkatkan PPC.

Cost

Meskipun SEO tidak murah dan tidak mudah, umumnya akan lebih hemat biaya daripada semua taktik pemasaran lainnya untuk memberikan brand awareness dan traffic yang relevan ke situs web Anda.

Keberlanjutan

Tidak seperti lalu lintas pencarian berbayar, lalu lintas organik tidak akan berhenti begitusaja ketika Anda berhenti membayar. Dengan demikian, upaya untuk mengembangkan lalu lintas organik dapat menopang bisnis ketika pengeluaran pemasaran dikurangi.

Meningkatkan Click-Through Rate (CTR)

Hasil pencarian organik akan menghasilkan persentase klik yang lebih tinggi daripada hasil pencarian berbayar. Meskipun adapengecualian untuk aturan ini, Anda akan menghasilkan lebih banyak klik dari daftar hasil pencarian organik yang berada pada daftar tertinggi daripada iklan berbayar yang juga ada daftar tertinggi.

Secara keseluruhan menghasilkan klik lebih banyak.

Untuk memaksimalkan visibilitas dan klik, Anda akan membutuhkan daftar di hasil berbayar dan hasil organik. Disini bereksperimen dengan level kata kunci sangat diperlukan untuk melihat berapa yang harus Anda bayar untuk setiap klik yang sebenarnya bisa Anda pakai secara gratis. Atau meningkatkan klik secara keseluruhan dan CTR baik berbayar atau organik. Perlu Anda perhatikan, untuk benar-benar memaksimalkan hasil, visibilitas yang kuat sangat diperlukan baik dalam berbayar maupun organik.

Cakupan

Ada begitu banyak pertanyaan baru yang muncul setiap pagi melalui search engine untuk memaksimalkan ruang lingkup. Sehingga Anda perlu untuk memperkuat visibilitas organik. Jadi Anda tidak perlu repot untuk membayar iklan yang diklik dan mengiklankan setiap konten yang ada pada situs Anda.

Keuntungan yang Strategis

Visibilitas pada pencarian organik memang tidak cepat dan tidak mudah, walaupun ini bisa di anggap hal yang baik dan juga buruk. Ketika Anda sudah mantap untuk berjalan dalam ranah hasil pencarian organik dan memperoleh hasil yang cukup bagus di mesin pencarian, kompetitor Anda tidak bisa serta-merta membeli posisi Anda di mesin pencarian. Hal ini bisa menimbulkan keuntungan strategis dalam kompetisi jika mereka menggantungkan diri menggunakan iklan berbayar.

Dalam menggunakan SEO pasti Anda akan menjumpai hal-hal kontra. Berikut hal-hal yang dianggap minus dalam memakai SEO.

SEO membutuhkan proses yang tidak instan.

Dalam banyak khasus, hasil pencarian organik memang sangat lambat untuk didapat, dan membutuhkan waktu untuk dapat muncul pada mesin pencari alias tidak instan. Mungkin Anda akan merasa kalah cepat dengan kompetitor Anda yang menggunakan iklan berbayar. Jika Anda baru memulai, dan kata kunci yang Anda tergetkan menunjukan hasil yang didominasi oleh perusahaan raksasa seperti Amazon, ebay, dan ecommerce lain, maka Anda perlu memikirkan strategi Anda. Mengganti kata kunci yang lebih spesifik dengan karakterisitik produk Anda contohnya.

Membutuhkan bantuan pihak ketiga.

Anda juga mungkun perlu mengembangkan aset konten untuk mencapai visibilitas organik yang kuat. Tidak semua bisnis memiliki sumber daya internal untuk menangani pengembang konten, dan ini dapat menimbulkan masalah. Seringkali diperlukan strategi dan dengan bantuan dari pihak ketiga atau dukungan ahli.

SEO tidak selalu cocok untuk semua jenis bisnis.

Lalu lintas organik sebagian besar juga dapat berasal melalui permintaan yang datang dari riset informasi atau pra-pembelian yang dilakukan oleh audience. Ini merupakan traffic yang potensial, tetapi pendekatan yang lebih bertahap mungkin diperlukan untuk memelihara audience tersebut untuk melakukan pembelian. Ini adalah kegiatan penting dalam digital marketing. Namun itu tidak selalu mudah dan belum tentu cocok untuk semua bisnis.

PPC, Laser-tergeted Menampilkan Hasil Pencarian Yang Lebih Spesifik

Dalam memanfaatkan PPC, maka akan sering mendengar istilah Laser-targeted. Laser-targeted adalah istilah untuk menentukan terget audience dari yang paling umum sampai ke yang paling sepesifik. Gunanya adalah agar tidak salah dalam menentukan ‘sasaran tembak’ – Audience yang dituju.

Selain itu, apa perbedaan paling mendasar antara pencarian berbayar dengan pencarian organik? Padahal dengan rasio klik-tayang atau CTR dan kepercayaan audience lebih tinggi dalam hasil pencarian organik, lantas mengapa bisnis juga memerlukan pencarian berbayar?

Berikut ini adalah penjelasan dari manfaat yang ditawarkan oleh PPC. Mari kita simak.

Posisi Pada Halaman

Pencarian berbayar akan mendominasi barisan paling atas dari hasil pencarian. Biasanya akan ada empat iklan pada versi dekstop dan tiga pada pada versi seluler, pengguna mau tidak mau akan terus melihat iklan pencarian berbayar, meskipun mereka lebih memilih untuk mengabaikannya dan terus menggulir halaman.

Iklan yang ditayangkan

PPC adalah iklan dan tetap menjadi iklan. Dengan demikian, Anda memiliki kontrol yang lebih terperinci dan lebih banyak ruang untuk menyampaikan pesan pemasaran Anda. Informasi seperti Panggilan Telfon, Lokasi, tautan situs, harga dan informasi lain hanyalah beberapa opsi agar iklan Anda dapat lebih mendominasi halaman hasil pencarian.

Visualisasi Iklan Produk

Dimanapun Anda menjual produk, Google menyediakan opsi iklan belanja visual (Product Listing Ads atau PLAs) yang dapat membantu pengguna melihat apa yang akan mereka klik. Iklan jenis ini benar-benar dapat meningkatkan rasio klik-tayang (CTR) dengan menawarkan fitur yang tidak tersedia dalam pencarian organik.

Visibilitas merek

Menjalankan iklan pencarian berbayar akan membuat Anda lebih dilihat oleh orang yang tepat: audience yang potensial. Merek Anda akan muncul secara berkala meskipun mereka tidak melakukan klik pada iklan Anda setelah mereka mencari nama merek Anda dalam mesin pencari.

Anggaran

PPC memungkinkan Anda untuk mengontrol anggaran. Anda dapat menentukan seberapa banyak uang yang ingin Anda pakai per hari, dan Anda dapat menentukan batas anggaran.

Penargetan

PPC menyediakan cara dengan laser-targeted untuk menampilkan merk Anda tepat didepan pelanggan potensial. Iklan dapat ditargetkan dengan kata kunci pencarian, berapa kali dalam satu hari, berapa hari dalam seminggu, geografis, bahasa, perangkat dan audience berdasarkan kunjungan sebelumnya. Secara perbandingan, pencarian organik lebih luas dan terkesan acak, sedangkan PPC menawarkan target yang lurus dan spesifik.

Kecepatan

Mengembangkan SEO yang baik dapat memakan banyak waktu, sedangkan kampanye yang dibuat pada PPC dapat dibuat dalam hitungan hari dan dapat meningkat dalam beberapa minggu. Menggunakan PPC adalah cara cepat untuk berada di depan pelanggan, saat mereka siap membeli produk yang Anda iklankan.

Tangkas

Kecepatan memberikan kelincahan, ini adalah hubungan sebab akibat. Apakah Anda ingin menguji produk baru? Atau pesan marketing baru? Anda dapat memperoleh umpan balik secara cepat tentang peluncuran produk baru dengan menjalankan kampanye iklan PPC yang singkat.

Kecerdasan Marketing

Jika organik sebagian besar menyembunyikan data kata kunci karena alasan privasi atau rahasia perusahaan, maka tidak demikian dengan pencarian berbayar. Dengan pelacakan konversi dan integrasi yang solid dengan software seperti Google Analytics, Anda dapat menentukan kata kunci apa yang tepat untuk bisnis Anda dengan menunjukan berapa persen data konversinya dan berapa biaya setiap klik nya. Sebenarnya kemampuan ini juga dapat diaplikasikan pada SEO marketing, sehingga dapat meningkatkan hasil pencarian.

A/B Testing

Mengetes iklan sangatlah mudah. Landing page, kontol tombol call-to-action dapat bertindak dalam menentukan mana hasil yang terbaik. Sekali lagi, informasi ini dapat dimasukkan kembali ke metode pemasaran digital dan tradisional yang lain.

Stabilitas

AdWords atau Google Ads tidak mengalami kendala yang sama seperti yang dialami oleh hasil pencarian organik. Jika ada masalah, PPC akan jauh lebih mudah untuk dikelola dan memiliki dampak yang jauh lebih rendah.

Biaya

Terlepas dari apa yang diyakini oleh banyak pengiklan, akun PPC yang diatur dan dikelola denganbaik dapat menjadi cara beriklan degan biaya rendah untuk menghasilkan leads untuk bisnis Anda. Jika Anda adalah sebuah bisnis lokal yang menargetkan area geografis yang kecil dan dengan sekumpulan kecil kata kunci, Anda mungkin akan sadar bahwa Anda dapat menghasilkan prospek yang lebih baik tanpa merusak anggaran. Seiring waktu, akun Anda akan dapat lebih dioptimalkan untuk menurukan biaya dan meningkatkan pengembalian biaya.

Baik, sekarang mari bicara soal kontra. Seperti halnya pencarian organik, ada banyak manfaat yang diperoleh melalui PPC. Namun ada juga beberapa hal yang patut Anda waspadai. Apa saja itu?

PPC bisa jadi mahal

Memang tidak selalu demikian, tetapi biaya dapat bertambah dengan cepat. Jika Anda menargetkan seluruh negara atau menjalankan kampanye internasional, biaya juga akan turut meningkat.

Anda harus membayar

Iklan pencarian berbayar, seperti namanya, Anda akan melakukan pembayaran. Sehingga Anda membutuhkan investasi konstan. Jika Anda berhenti membayar, maka iklan tidak akan tayang dan akan hilang. Berbeda dengan SEO, SEO menawarkan pencarian yang berkelanjutan meskipun Anda berhenti membayar.

Iklan harus sangat disesuaikan dengan produk yang Anda jual

Jika bisnis Anda didominasi dengan produk fisik dan perlu visualisasi, maka iklan teks mungkin tidak akan berjalan dengan baik untuk bisnis Anda.

Anda bisa melakukan hal yang sama seperti kompetitor lakukan, tapi ada berita buruknya.

Memang sudah lazim untuk terlibat dalam perang penawaran dengan pengiklan lain. Ketika Anda mulai menjalankan iklan Anda, jangan lakukan strategi yang sama persis seperti yang kompetitor Anda lakukan. Melakukan hal tersebut mungkin dapat mengakibatkan pembengkakan biaya yang tidak dapat diduga.
PPC memang relatif mudah untuk disalin. Jika pesaing Anda melihat Anda menjalankan iklan, mereka pun akan turut beriklan. Pesan pada iklan Anda pun juga akan dapat ditiru. Bahkan gerak gerik Anda pun juga dapat dievaluasi oleh pesaing. Memang, ini adalah landskap pemasaran digital, jadi Anda harus dapat menerimanya.

PPC yang sukses membutuhkan manajemen dan pengoptimalan yang terampil.

Mulai dari tawaran pemantauan, Quality Score, posisi, dan rasio klik-tayang atau CTR. Beberapa diangtaranya dapat dilakukan dengan skrip, akan tetapi jika Anda terlalu sibuk untuk melakukan ini dengan benar, pastikan Anda memiliki tenaga ahli untuk menjaga akun Anda dalam kondisi prima.

Mari kita raingkas, Perbedaan SEO dan PPC.

Dari pemaparan di atas dapat kita tarik kesimpulan singkat tentang perbedaan SEO dan PPC.

Pertama, dimulai terlebih dahulu dengan kelebihannya masing-masing. Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan menggunakan SEO :

  1. Keuntungan investasi SEO akan terus meningkat dalam jangka panjang. Manfaat residual akan terlihat saat  anggaran Anda berhenti.
  2. Pencarian cenderung mempercayai listing organik lebih daripada sponsored links. Ketika situs Anda mendapat peringkat yang baik, merek Anda dianggap memiliki reputasi.
  3. Biaya SEO relatif tetap, tidak tergantung pada jumlah klik.

Lalu bagaimana dengan PPC, berikut keuntungannya :

  1. PPC (Pay per click) memiliki hasil instan dan menghasilkan pengunjung di awal peluncuran situs.
  2. PPC dilindungi dari pembaruan algoritma, itu menjamin arus pengunjung yang tetap ketika dibayar untuk apa pun perubahan yang dilakukan oleh mesin pencari.
  3. Lalu lintas PPC sangat ditargetkan sehingga orang yang tiba di situs reatiler dari iklan berbayar lebih cenderung membeli daripada mereka yang berasal dari tautan organik.

Menarik bukan ? Hubungi Kami Jika Anda ingin memulai menggunakan SEO atau PPC.


Itu adalah beberapa kelebihan dari SEO dan PPC. Ingat bahwa tidak pernah ada sistem yang sempurna, begitupula dengan SEO dan PPC. Keduanya memiliki kekurangan juga. Kekurangan yang biasa dimiliki adalah waktu proses. Search engine membutuhkan waktu untuk memproses website Anda. Selain itu, berikut ini kekurangannya.
Kekurangan menggunakan SEO :

  1. SEO membutuhkan waktu agar hasil dari pekerjaan itu  berlaku dan membutuhkan pemeliharaan berkelanjutan untuk proses perbaikan bertahap.
  2. Algoritma berubah dari waktu ke waktu. ketika itu terjadi, situs yang telah dioptimalkan dengan satu cara dapat kehilangan peringkat dan keuntungan dalam waktu singkat.
  3. Banyak hal di luar kendali dan pesaing Anda mungkin menggunakan strategi tidak etis untuk menyusul Anda.

Sedangkan kekurangan menggunakan PPC adalah sebagai berikut :

  1. Pengguna PPC perlu melakukan pengujian variabel  untuk meningkatkan konversi dan mencari tahu apakah ROI Anda positif atau negatif.
  2. Iklan PPC membutuhkan dana untuk membeli traffic. Ini bisa sangat mahal jika Anda salah arah dan menjalankan Campaign Anda secara tidak benar.
  3. Terkadang audience cenderung tidak percaya dengan daftar hasil pencarian yang menyertakan iklan PPC. Faktanya bahwa mereka tidak suka untuk sekedar klik dan jelas mereka akan kesal jika dirundung oleh banyak iklan.

Lalu, SEO atau PPC?

Pertanyaan ini bukanlah pertanyaan yang dapat di jawan dengan salah satu jawaban. Tidak mungkin menjawab pertanyaan ini tanpa mempertimbangkan situasi yang unik dari bisnis Anda.

Berikut adalah contoh khasusnya.

Jika Anda adalah bisnis lokal atau hiper-lokal dengan sedikit kompetisi dan hanya membutuhkan beberapa leads per minggu, kemungkinan dapat mengembangkan visibilitas yang baik dengan pencarian lokal dan organik dengan sedikit pengeluaran. Anda sendiri dapat melakukan SEO untuk bisnis Anda.

Jika Anda adalah sebuah toko e-commerce baru dan ingin bersaing dengan kompetitor besar seperti departement store terkenal mungkin Anda akan sangat kewalahan jika Anda menggunakan pencarian organik. Sudah kalah sebelum start. Jadi PPC adalah alternatif yang tepat untuk Anda.

Apakah Anda saat ini membutuhkan leads? Apakah Anda memerlukan persaingan jangka panjang? Apakah Anda memiliki banyak otoritas situs web untuk menjalankan SEO? Seperti apa kompetisi dalam pencarian organik? berapa biaya per klik dalam pencarian berbayar.

Sebuah strategi pemasaran digital yang jelas dengan tujuan jangka pendek maupun jangka panjang yang jelas merupakan hal yang sangat penting dalam membuat keputusan SEO atau PPC.


Ada pertanyaan tentang SEO dan PPC? Hubungi kami untuk info lebih lanjut.


Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan SEO dan PPC. Jika Anda memiliki ketertarikan untuk menggunakan SEO dan PPC jangan ragu untuk menghubungi RECTmedia sebagai jasa iklan Digital dan SEO. Serta jangan ragu untuk mengkonsultasikan setiap keinginan bisnis Anda kepada kami.

Exit mobile version