PT Rect Media Komputindo

Langkah Membuat Aplikasi Mobile Yang Tepat

Penggunaan mobile aplikasi saat ini semakin meningkat semenjak bertumbuhnya StartUp Digital yang banyak bermunculan. Berbagai macam aplikasi di tawarkan dan memilki solusi untuk permasalahan di era saat ini. Fenomena ini membuat para pebisnis berbondong – bondong melebarkan sayap atau bahkan banyak juga yang banting stir untuk ikut meramaikan market digital ini. Yang menjadi tantangan adalah tidak semua pebisnis memiliki tim developer. Oleh sebab itu tidak sedikit yang mengandalkan penyedia jasa pembuatan mobile aplikasi. Khususnya untuk  jasa pembuatan aplikasi ios dan jasa membuat aplikasi android. Hal ini menjadi pilihan yang cepat ketimbang harus memiliki tim developer internal atau mungkin harus belajar koding aplikasi mobile secara mandiri.

Bagi Anda yang ingin mengembangkan aplikasi mobile atau membuat aplikasi mobile, pastinya bertanya – tanya, bagaimana membuat mobile aplikasi yang baik. Membuat mobile aplikasi yang benar dan tepat pastinya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dan pastinya dipahami betul sehingga tim developer dapat membuat aplikasi mobile tepat guna dan bermanfaat bagi target market. Dan pastinya meningkatkan profit perusahaan. Mari kita simak langkah – langkahnya.

Identifikasi masalah dan solusinya

Identifikasi masalah dan solusinya

Para pengembang aplikasi kadang terlena dengan perkembang teknologi. Pada developer ataupun pengembang mobil aplikasi ingin aplikasi mereka tampak keren dan canggih. Yang perlu di catat di awal adalah bagaimana aplikasi Anda menjadi solusi atas permasalahan yang ada. Tidak hanya teknologi yang canggih tetapi harus di landasi dengan pemecahan masalah atas keresahan pengguna yang merupakan target market bisnis Anda.

Cobalah melakukan riset menggunakan metodologi penelitian yang ada untuk mengetahui karakter market yang Anda ingin sasar serta solusi sederhana yang efektif. Pahami mereka hingga masalah paling mendasar yang mereka rasakan. Misalnya target customer Anda adalah pasien rumah sakit yang malas mengantri untuk periksa maupun menebus obat di apotik. Solusi yang bisa ditawarkan adalah antrian online yang bisa di akses kapan saja dan dimana saja serta jasa pengiriman obat ke rumah secara cepat dan terjangkau.

Mendesain Aplikasi

Mendesain Aplikasi

Pada tahap ini kadang para developer atau pemilik bisnis terburu – buru untuk segera mungkin membuat mobile aplikasi yang sempurna. Penting bagi Anda untuk menentukan alur yang baik bagi pengguna sehingga mereka mudah dalam mengoperasionalkan dan memahami maksud dari informasi yang disajikan. Banyak sekali referensi yang dapat digunakan untuk melakukan riset terhadap hal ini. Anda bisa mengunjungi situs – situs seperti android.inspired-ui.com, pttrns.com untuk melihat beberapa alur dari aplikasi – aplikasi yang sudah terkenal dan menginspirasi. Anda juga bisa melakukan riset tentang UI/UX yang baik untuk pembuatan aplikasi yang sesuai dengan target customer Anda.

Membuat Prototype

Membuat Prototype

Pada langkah ini, hal yang perlu ditekankan adalah Anda ingin mengetahui respon dari target customer Anda. Oleh karena itu, anda perlu membuat sebuah alat uji atau prototype yang dapat mereka coba dan pakai. Anda dapat membagikan prototype yang Anda buat ke berbagai forum dimana tempat target market Anda berkumpul dan juga Anda dapat membagikannya di kalangan developer. Hal ini bertujuan untuk memperoleh feedback yang akan membuat mobile aplikasi yang tepat untuk calon customer Anda. 

Seperti halnya Google juga menyediakan tempat untuk membagikan aplikasi secara terbatas untuk pengguna tertentu. Anda dapat membagikan mobile aplikasi Anda di Google Developer Console. Disana Anda akan banyak memperoleh masukan untuk pengembangan aplikasi Anda kedepannya.

Luncurkan Mobile Aplikasi

Luncurkan Mobile Aplikasi

Perlu momentum yang tepat dalam meluncurkan mobile aplikasi yang telah Anda buat ke masyarakat luas. Ini yang kadang terlupakan atau dihiraukan pemilik bisnis. Mereka merasa perlu secepatnya meluncurkan aplikasi mereka setelah tahap pengembangan siap. Hal itu bisa di benarkan. Tetapi perlu di ingat, jangan sampai aplikasi yang Anda buat muncul terlalu cepat atau bahkan tertinggal. Perlu ada narasi yang menggiring calon customer untuk menyadari pentingnya sebuah solusi untuk permasalahan mereka. Dan saat disaat ada kesadaran masyarakat muncul, barulah Anda meluncurkan mobile aplikasi Anda. Anda akan banyak memilki saingan saat itu. Tetapi percayalah dengan hasil riset yang telah Anda lakukan. Seberapa efisien solusi yang Anda tawarkan akan menjadi kekuatan Anda.

Update Mobile Aplikasi secara berkala

Update Mobile Aplikasi secara berkala

Pembuatan aplikasi tidak akan lepas dan selesai begitu saja. Penting bagi Anda untuk terus meningkatkan performa dari mobile aplikasi Anda. Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat Anda harus pintar dalam mengelola pengembangan aplikasi Anda supaya terus relevan dan up-to-date sesuai eranya. Melakukan update secara berkala juga menunjukkan kredibilitas aplikasi dan keseriusan bisnis Anda. Kepercayaan pengguna yang menjadi tujuan utama akan membuat Anda termotivasi untuk memberikan layanan yang prima dalam setiap fitur yang Anda tawarkan. Yang menjadi tantangan adalah terus mampu mengimbangi kemajuan teknologi tersebut. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk bekerja sama dengan penyedia jasa pembuatan mobile aplikasi yang professional seperti RECTmedia. Dimana RECTmedia memilki tim yang profesinal dan handal dalam pengembangan aplikasi mobile. Sebagai jasa pembuatan aplikasi android terbaik, Berikut beberapa contoh aplikasi mobile yang pernah di buat oleh RECTmedia.

Dengan partner yang tepat, bisnis Anda juga akan menjadi semakin berkembang diiringi kemajuan aplikasi mobile Anda yang terus relevan di zamannya. 

Demikian tadi langkah membuat aplikasi mobile yang tepat. Semoga bisa memberikan inspirasi bagi Anda yang sedang mengembangkan aplikasi mobile. Salam sukses.

Ingin Membuat Aplikasi Mobile Dengan Strategi Yang Tepat? Coba Jasa Mobile App Development RECTmedia Sekarang Juga!

Exit mobile version