PT Rect Media Komputindo

Membuat Konten Marketing yang Menarik

Di era modern sekarang yang semakin menggila, semua di tuntut untuk masuk kedunia online atau digital. Bagitu juga dalam dunia pemasaran, banyak pebisnis yang berlomba membuat konten marketing yang menarik calon konsumen mereka.

Hal ini ditujukan untuk memperkuat hubungan secara emosional kepada konsumen ataupun mendatangan konsumen baru. Oleh sebab itu pembuatan konten marketing yang menarik menjadi sesuatu yang mutlak diperlukan jika Anda ingin menginginkan kemajuan dalam bisnis.

Penelitian terbaru dari Content Marketing Institute menemukan bahwa lebih dari 80% pemasar B2B mengatakan mereka memiliki strategi konten marketing. Content Marketing Institute juga mendefinisikan praktik tersebut sebagai “pendekatan pemasaran strategis yang berfokus pada penciptaan dan distribusi konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik target pasar yang dituju.

Jika saat ini konten yang Anda buat belum berhasil untuk menarik target pasar, maka berikut adalah beberapa tips cara membuat konten marketing yang menarik :

1. Sesuaikan konten dengan target konsumen Anda

Pastikan konten yang Anda buat mampu mendefinisikan target konsumen Anda nantinya. Ketika Anda telah mengetahui dengan betul siapa target konsumen Anda, mulailah dengan menyediakan konten yang menjadi kebutuhan mereka, mendidik mereka, menghibur mereka, hingga merubah cara berpikir mereka.

Untuk mengetahui hal tersebut, Anda perlu mengetahui lebih dalam lokasi geografis mereka, pekerjaan, rata – rata pendapatan mereka, cara komunikasi mereka, dan karakter yang target konsumen Anda miliki. Oleh sebab itu perlu adanya pemahaman dari motivasi yang mereka miliki.

Sebagai contoh : Jika bisnis Anda adalah menjual produk handphone atau gadget. Kemudian target konsumen anda adalah orang – orang berusia 14 hingga 45 tahun yang paham terhadap teknologi. Maka konten – konten yang harus Anda buat adalah konten yang mencerminkan kemajuan teknologi saat ini. Konten yang berisi informasi – informasi tentang produk yang Anda Jual ternyata mengikuti juga perkembangan yang sedang berlangsung.

2. Konten yang menarik harus berkualitas dan sesuai Tren

Untuk membuat konten marketing yang menarik, Anda perlu juga mengetahui tren yang relevan saat ini. Anda dapat mencari tahu melalui Google Trends. Kenapa Google, karena sebagian besar orang saat ini menggunakan mesin pencarian Google untuk menemukan apa yang mereka cari. Mulai dari mencari sesuatu hingga membandingan apa yang sedang mereka butuhkan.

Cobalah mengakses trends.google.com , dan coba lihat apa yang sedang menjadi perbincangan saat ini. Cobalah untuk memilih dan menyesuaikan tren yang relevan dengan bisnis Anda. Anda juga bisa menggunakan tren tersebut sebagai penjembatan antara bisnis yang sedang Anda bangun dengan kebutuhan dari calon konsumen.

Mulailah mengaplikasikan tren yang ada ke dalam konten marketing yang akan Anda buat. Sebagai contoh : jika tren saat ini mengenai Vlogging atau membuat video, maka konten marketing Anda dapat berupa artikel mengenai cara membuat video menggunakan gadget atau melalui handphone.

Konten marketing yang berkualitas adalah dimana kita juga melakukan research tentang apa yang relevan saat ini dan memberikan informasi yang valid bagi target konsumen kita.

3. Promosikan dan distribusikan konten marketing

Tips berikutnya adalah mendistribusikan konten marketing Anda melalui berbagai macam platform digital, seperti blog, Facebook, Instagram, dsb. Hal ini akan banyak menyita waktu Anda. Menurut studi pada tahun 2014 dari Altimeter, 53% pemilik bisnis mengetahui bahwa diperlukan adanya strategi konten yang dibuat, namun hanya 26% yang benar-benar menjalankannya.

Pastikan Anda mendistribusikan konten yang dibuat secara rutin agar lebih banyak target konsumen atau konsumen baru datang kepada Anda. Lakukan secara terjadwal dan bila perlu promosikan konten marketing Anda secara berbayar melalui Digital agency yang menyediakan jasa tersebut.

Tentukan Budget Promosi Anda !

Tentukan budget yang akan Anda alokasikan dan konsultasikan dengan Digitak Agency yang menangani konten – konten marketing Anda. Salah satu Digital Agency yang direkomendasikan adalah Rectmedia. Digital Agency yang sudah sering menangani berbagai macam bisnis ini sangat dapat membantu Anda mengoptimalkan konten dari bisnis Anda.

Layanan yang diberikan Rectmedia juga sangat memanjakan Anda sebagai pemilik bisnis dimana selalu diberikan laporan perkembangan konten marketing. Rectmedia juga mampu mengembangkan kebutuhan konten sesuai dengan target pasar bisnis Anda. Tidak hanya itu, perluasan target bisnis juga dimungkinkan terjadi karena layanan Rectmedia yang selalu optimal memberikan konten marketing yang menarik.

4. Repurpose Konten Anda

Anda mungkin berpikir bahwa membuat konten marketing yang menarik harus selalu baru atau konten yang original. Hal itu benar, tetapi terkadang melakukan repurpose untuk konten yang pernah kita buat juga mampu menjadi hal yang manarik.

Informasi atau konten yang sebelumnya sudah pernah di tampilkan, Anda kemas kembali dengan cara yang berbeda, namun mengandung informasi dan maksud yang sama. Hal ini akan menghemat waktu Anda, dan dari segi hasil akan tetap mampu menarik audiens atau target konsumen Anda.

Sebagai contoh : Anda bisa menambahkan beberapa gambar, grafik, ataupun infographics yang sebelumnya belum Adan tampilkan di konten sebelumnya. Hal ini akan memberikan pemahaman dan penyempaikan informasi yang lebih matang kepada para target konsumen Anda. Dan hal ini akan membuat konten marketing Anda lebih menarik, karena adanya pemaparan yang jelas.

5. Selalu tentukan target

Semua pemilik bisnis yang ditanya mengenai apa yang diharapkan dari konten marketing yang dibuat, 9 dari 10 pastinya akan mengatakan, “peningkatan penjualan.”

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa pembuatan konten marketing yang menarik harus dilakukan secara berkala dan bertahap sebelum mencapai hasil akhir berupa peningkatan penjualan?

Untuk menentukan target tersebut pastinya kita harus selalu menganalisa setiap pergerakan yang timbul setelah kita mempublikasikan konten marketing yang kita buat. Misalnya di tahab awal Anda mentargetkan adanya Brand Awareness. Tentukan target konsumen yang paling mudah sasar dan paling mudah bagi anda untuk melakukan penetrasi.

Analisa Konten Marketing Anda

Gunakan tools pendukung seperti Google Analytics untuk memantau siapa saja yang mengakses konten Anda. Beranikan diri Anda untuk menetapkan Key Performance Indicators (KPI) sebagai patokan bahwa target Anda telah tercapai. Sebagai contoh : Anda mentargetkan ada 10.000 Traffic dari pengunjung website Anda. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda melihat bahwa strategi marketing yang Anda terapkan berjalan dengan baik atau tidak. Pastikan  Anda memiliki partner dalam melakukan atau mengembangkan strategi konten marketing ini.

Oleh sebab itu Rectmedia hadir untuk membantu Anda mewujutkan KPI yang anda targetkan. Bisnis Anda berkembang atau tidaknya tergantung Anda memastikan strategi yang telah Anda buat berjalan sesuai rencana Anda. Rectmedia mampu membantu Anda memastikan target KPI yang telah Anda tetapkan diraih tepat pada waktunya.

Nah, segeralah mulai dengan apa yang sedang Anda persiapkan. Segera setelah Anda berhasil membuat konten marketing yang menarik, akan banyak bermunculan audiens yang dapat menjadi target konsumen potensial bagi Anda.

Exit mobile version