PT Rect Media Komputindo

Mengembangkan Bisnis Lokal Melalui Instagram

Mengembangkan Bisnis Lokal Melalui Instagram

Instagram merupakan media sosial yang terbilang efektif untuk membangun sebuah brand baru. Apalagi bagi Anda yang ternyata memiliki produk lokal yang akan diperkenalkan ke pasar yang lebih luas. Mengembangkan bisnis lokal melalui Instagram merupakan sebuah langkah awal yang harus Anda lakukan. Kemudahan dalam mengakses dan tersedianya fitur yang mudah untuk di optimalkan membuat Anda akan mudah memperoleh awareness dari audiens Anda. Tentunya akan menargetkan potensial market yang akan disasar.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya mengapa harus menggunakan instagram dalam memasarkan produk Anda. Hal ini dipilih karena mengikuti trend media sosial yang sebagian besar penggunanya adalah anak milenial. Dalam kehidupan sehari-hari kaum milenial menghabiskan setengah harinya bersama teknologi smartphone untuk mengakses laman instagram. Rasa penasaran yang tinggi membuat kaum milenial ini menggunakan smartphone untuk menjawab rasa penasaran mereka. Serta menginginkan segala sesuatunya menjadi serba mudah dan cepat. sehingga Melalui perkembangan teknologi ini mampu menjawab segala aspek kebutuhan kaum milenial. Hal ini menjadi sisi positif Anda dalam mengembangkan produk lokal melalui instagram. Lantas hal apa saja yang perlu Anda perhatikan?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika Anda ingin mengembangkan bisnis lokal melalui Instagram.

1. Informasi Lengkap Di Bio

Informasi Lengkap Di Bio

Penting bagi pemilik bisnis untuk menyertakan informasi mendasar di Bio Instagram. Dengan menampilkan informasi seperti alamat, deskripsi brand Anda, kontak, hingga media promosi. Serta hal terkait lainnya akan membuat audiens Anda memberikan kepercayaan terhadap apa yang Anda tawarkan. Karena kecenderungan produk lokal yang Anda tawarkan harus memiliki ciri khas dan merupakan sesuatu yang mewakili daerah Anda. Dengan menerapkan informasi lengkap pada bio Anda, hal ini bertindak sebagai informasi tujuan bagi calon pembeli. Mengapa demikian? Karena informasi pada bio menunjukan identitas brand dan sebagai tujuan call to action terhadap brand yang Anda pasarkan.

2. Gunakan Gambar – Gambar Lokal

Gunakan Gambar – Gambar Lokal

Untuk mengembangkan bisnis lokal melalui Instagram, ada baiknya Anda juga menampilkan tempat – tempat terkenal di kota atau daerah Anda. Hal tersebut berguna sebagai penguat dan originalitas produk lokal yang Anda tawarkan. Anda juga perlu mengaktifkan Geo Tagging untuk setiap tempat yang Anda posting. Contohnya jika produk Anda adalah Bakpia Yogyakarta, Anda bisa menyertakan tempat-tempat ikonik di kota Yogyakarta dan memadukannya dengan produk Anda. Hal ini akan menambah kesan orisinil terhadap produk yang akan Anda tawarkan.


Anda Ingin beriklan menggunakan Instagram? Hubungi 0878 3227 0892 atau kunjungi halaman Contact Us untuk informasi selengkapnya.

3. Hashtag Lokal

Hashtag Lokal

Anda perlu membuat beberapa hashtag yang unik yang mencerminkan produk lokal Anda. Anda juga perlu menyandingkan hashtag yang Anda buat dengan hashtag yang sudah ada dan memiliki banyak tagging yang terkenal di daerah Anda. Misalnya #LunpiaCihuySemarang #KulinerSemarang #infoKulinerSemarang #lawangSewu #MataramPlaza #RectmediaSMG. Penggunaan hashtag ini akan membantu calon pembeli dalam menemukan brand Anda melalui hal-hal yang relevan dengan brand yang Anda tawarkan.

4. Follow Artis Lokal

Follow Artis Lokal

Tidak hanya tempat – tempat terkenal yang Anda tag di posting Instagram, Anda juga perlu mengikuti beberapa sosok yang berpengaruh di kota atau daerah Anda. Disana Anda akan dapat melihat potensi – potensi market dan beberapa komunitas yang akan Anda sasar dan menjadikannya target potensial bagi bisnis Anda. Jangan sungkan juga untuk mengajak berkolaborasi beberapa Artis lokal dan menjadikannya brand ambassador dari produk lokal Anda.

Anda membutuhkan Jasa SEO di Semarang? Hubungi 0878 3227 0892 atau kunjungi halaman Contact Us untuk informasi selengkapnya.

5. Aktif Berjejaring Sosial

Aktif Berjejaring Sosial

Sangat wajib bagi Anda untuk memberikan dukungan terhadap bisnis lokal lain yang berada di kota Anda. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu memberikan like dan komentar positif tentang produk lokal mereka. Dengan cara ini Anda juga termasuk melakukan soft selling dimana mengiring mereka untuk melihat profil Instagram mereka. Serta melakukan hal yang serupa hingga juga melakukan pembelian terhadap produk lokal Anda. Dengan aktif berjejaring sosial dan menghargai bisnis satu sama lain juga mampu meningkatkan relasi Anda terhadap bisnis lain yang berada di kota Anda.

6. Edukasi Audiens

Edukasi Audience

Disamping memberikan penawaran tentang bisnis lokal yang sedang Anda bangun. Ada baiknya Anda juga memberikan informasi yang bersifat edukatif terhadap audiens Anda. Dan pastinya informasi Anda juga ada kaitannya dengan budaya – budaya lokal yang ada di daerah Anda. Hal ini akan memberikan kesan positif terhadap produk lokal Anda. Karena Anda juga memiliki nilai positif yang akan diangkat melalui bisnis yang sedang Anda kembangkan.  Penerapan yang sangat sederhana yang dapat Anda praktikan disela – sela kesibukan Anda membangun sebuah bisnis. Jangan takut untuk terus melakukan penetrasi – penetrasi yang relevan di setiap era. Kuncinya adalah bagaimana produk lokal Anda tetap bisa dinikmati oleh setiap generasi dan lapisan masyarakat.

Demikian merupakan beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam mengembangkan bisnis lokal Anda melalui instagram. Tips-tips ini dapat Anda terapkan ke dalam bisnis  yang sedang Anda kembangkan. Melalui cara melakukan pendekatan terhadap calon pembeli melalui hal-hal yang relevan dengan bisnis Anda.

Ingin Mengembangkan Bisnis Lokal Anda melalui Jasa Social Media Management?

Exit mobile version