PT Rect Media Komputindo

Tips Menggunakan Google AdSense yang Efektif

Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi pada zaman ini. Dengan kehadiran internet, segala bentuk binis mulai bergerak ke arah digital dan perlahan meninggalkan gaya konfensional. Mulai dari transaksi jual beli, uang elektronik dan bentuk usaha yang lainnya. Kelebihan dari internet ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang! Caranya dengan memanfaatkan salah satu produk milik Google yaitu Google AdSense.

Kehadiran Google AdSense ini memancing para internet marketer untuk memanfaatkannya sebagai media beriklan dan berbisnis. Untuk bergabung di Google Adsense Anda tidak harus memiliki kualifikasi yang tinggi, cukup dengan ketelitian dan terampil dalam memanfaatkan website dan seluk-beluknya saja.

Sebenarnya Google AdSense mampu menjadi tambang emas bagi Anda yang berani meluangkan waktu untuk belajar menggunakan Google AdSense secara efektif. Banyak orang yang mulai menggunakan Google AdSense cenderung menonaktifkannya setelah beberapa bulan. Mengapa? Karena mereka tidak berhasil mendapatkan target yang diharapkan.

Jasa Pasang Iklan Online Terpercaya di Semarang? Hubungi 0878 3227 0892 atau kunjungi halaman Contact Us untuk info lebih lengkap.

Sebelum menggunakan Google AdSense, ada baiknya jika Anda mempersiapkan diri untuk mengatasi kesalahan yang biasa dilakukan para pemula. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan Anda beberapa tips dalam memanfaatkan Google AdSense agar dapat mencapai target yang diharapkan.

Cara kerja Google AdSense untuk menghasilkan uang bisa dibilang cukup sederhana. Anda cukup mendaftarkan diri sebagai publisher.

Daftarkan Diri Anda di Google AdSense!

Pertama-tama Anda harus masuk ke situs resmi Google AdSense. Jika Anda sudah memiliki akun Google, maka Anda cukup mengklik tombol Sign In. Namun jika Anda belum memiliki akun Google, Anda dapat
memilih tombol Sign Up.

Selanjutnya Anda akan diarahkan pada formulir registrasi untuk mengisikan data website dan alamat e-mail.

Dalam tahap ini, Anda dapat meggunakan e-mail akun Google Anda. Kemudian isikan URL website atau blog Anda dan jangan lupa untuk memilih region Anda. Lalu klik Save and Continue.

Setelah itu akan ada pop-up yang muncul di layar berupa panduan bagi pemula seperti gambar di bawah ini:

Anda dapat menekan tombol Get Started. Setelah itu tersedia halaman pendaftaran. Disini Anda diminta untuk mengisi data profil pribadi pada form yang disediakan. Anda diwajibkan untuk mengisi seluruh formulir dengan data yang benar. Lalu klik Submit​.

Lalu Bagaimana Proses Menghasilkan Uang dari Google Adsense


Jika Anda telah mengirimkan permohonan kepada Google, kini saatnya Anda untuk menunggu e-mail balasan dari Google. E-mail tersebut berisi pernyataan bahwa permohonan Anda masih dalam tahap under review atau sedang dalam proses persetujuan Google.

Ditahap under review ini, Google dapat melakukannya lebih dari 24 jam karena adanya peninjauan secara manual pada website Anda. Proses ini dapat berlangsung setidaknya selama 1 hingga 7 hari.

Meskipun membutuhkan waktu yang relatif lama, Anda disarankan untuk tetap menjaga kualitas website dan tetap rutin mengisi konten. Karena hal ini akan mendukung proses review Google dan berpotensi pada permohonan Anda agar disetujui.

Jika Anda menerima e-mail balasan yang menyatakan Google AdSense telah disetujui, Anda dapat masuk ke akun Google AdSense Anda. Namun jika Anda menerima e-mail balasan berupa penolakan, maka tentu saja Anda tidak dapat masuk ke akun Google Adsense Anda.

Meskipun Anda menerima persetujuan dari Google AdSense, sebenarnya permintaan Anda belum diterima sepenuhnya. Masih ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Anda harus memasang iklan di website Anda terlebih dahulu sebagai iklan perdana Anda.

Sebelum membuat iklan, ada baiknya Anda membaca AdSense Program Policies. Kemudian buatlah iklan yang sesuai dengan rekomendasi dari Google AdSense, seperti konten dan ukuran iklan.

Sesuaikan ukuran iklan dengan ruang yang tersedia pada website Anda. Setelah iklan dibuat, jangan lupa untuk menyimpan kode iklan pada posisi yang aman dan tidak melanggar aturan AdSense Program Policies.

Di tahap ini, Anda sudah dapat memasang iklan. Satu iklan yang Anda ajukkan, membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 7 hari untuk Google melakukan review. Iklan diterima atau tidak Google akan tetap mengirimkan e-mail kepada Anda. Jika iklan Anda ditolak, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengajukan iklan lagi dengan memperbaikinya sesuai dengan ajuran yang diberikan oleh Google. Oleh sebab itu, Anda bisa mengulangi proses pembuatan iklan dari awal.

Kemudian jika iklan Anda diterima, tanda yang tampak adalah dengan munculnya iklan Anda pada blog atau website. Status juga berubah menjadi aktif sehingga Anda dapat menerima penghasilan dari beriklan melalui Google AdSense.

Mengapa Banyak Orang Ditolak Saat Mengajukan Google Adsense?

Alasan yang paling kuat ialah karena banyak orang tidak memperhatikan konten yang ada dalam website atau blog. Sehingga website atau blog yang didaftarkan tidak memenuhi aturan yang tertulis pada AdSense Program Policies.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda membaca term and condition terlebih dahulu. Jika Anda pernah mengalami penolakan sekali, ada kemungkinan untuk Anda ditolak kembali. Jadi, pastikan bahwa website atau blog Anda sudah memenuhi syarat-syarat pada AdSense Program Policies.

Mungkin Anda akan merasa jenuh jika membaca AdSense Program Policies, karena syarat yang sangat banyak dan panjang. Sebagai gantinya, Anda dapat memperhatikan dan mengikuti beberapa trik berikut ini:

Ingin pasang iklan di Facebook, Instagram, Google atau Youtube? Hubungi kami di 0878 3227 0892 atau kunjungi halaman Contact Us untuk informasi lebih lanjut.
1. Website yang Baru dan Memperhatikan Estetika

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah website yang Anda ajukan. Jika website Anda terhitung baru, utamakan adalah dalam hal estetika dan cara bagaimana menyajikan website Anda nyaman untuk dijelajahi pengunjung. Pilih layout website yang rapi, konten-konten yang unik, jelas dan mudah dipahami. Untuk mendaftarkan website atau blog ke Google AdSense, setidaknya website atau blog tersebut sudah berumur 6 bulan.

2. Tetap Gunakan Top-Level Domain

Banyak layanan pembuatan blog seperti blogspot dan sebagainya yang menyediakan layanan domain gratis. Namun akan jauh lebih baik jika Anda memiliki nama domain pribadi untuk website atau blog Anda sendiri. Tetap gunakan top-level domain yaitu domain-domain yang berakhiran dengan .com, .org, .net dan .id. Bukan subdomain seperti .wordpress.com, .blogspot.com dan lainnya.

3. Perhatikan Jumlah Konten yang Ada Pada Website atau Blog Anda

Pastikan website memiliki minimal 20 artikel/halaman/konten untuk memenuhi kebutuhan minimal yang dianjurkan oleh Google AdSense. Anda tidak diperkenankan untuk mendaftarkan website yang kosong atau yang belum jadi sepenuhnya. Terlebih jika website tersebut sedang dalam tahap pengembangan atau berisi dummy content. Hal ini hanya akan menghabiskan waktu berharga Anda. Disisi lain jika Anda mendaftarkan forum diskusi, pastikan juga forum sudah berisi thread dan postingan yang jelas. Jika Anda melanggar ketentuan-ketentuan diatas, kemungkinan pengajuan Anda ditolak oleh Google sangatlah besar.

4. Konten Anda Harus Original dan Berkualitas

Setiap konten yang Anda buat harus original dan merupakan murni buatan Anda sendiri. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kualitas konten yang Anda buat. Buatlah konten yang unik, menarik serta berbobot. Landaskan pada fakta-fakta yang sudah teruji kebenarannya dan jangan menyebarkan konten yang belum diketahui kebenarannya.

5. Website Harus Bersih

Buatlah website atau blog yang mudah dan nyaman untuk dijelajahi. Hindari penggunaan pop-up pada website Anda. Mungkin bagi Anda pop-up terlihat menarik, namun berbeda dengan pengunjung yang merasa terganggu. Alhasil mereka tidak nyaman dan berakhir meninggalkan halaman website Anda.

6. Tambahkan Halaman Privacy Policy

Jangan lupa untuk menambahkan halaman Privacy Policy yang sesuai dengan AdSense Progam Policies. Halaman ini sebenarnya sederhana, namun berperan penting dalam website Anda.

Itulah beberapa tips untuk bagaimana menggunakan Google AdSense dengan efisien. Tetap jaga kualitas website dan blog Anda agar terhindar dari pemblokiran oleh Google. Semoga informasi ini membantu kalian!

Mengenalkan bisnis Anda secara online dengan cara memasang iklan di platform sosial media, mau?

Exit mobile version