Wipro e-Auction

Case Studies Wipro E-Auction

Project Overview

WIPRO E-AUCTION

Wipro e-Auction adalah sebuah layanan lelang elektronik yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan PT Wipro Unza dalam melakukan penjualan (forward auction) dan pengadaan (reverse auction) barang antar perusahaan berbasis website atau internet. RECTmedia dipercaya sebagai vendor penting dalam membantu mengembangkan layanan ini. Kami telah menyediakan halaman Home yang dapat menuju ke halaman beberapa auction stage seperti live auctions, future auctions, under creation, completed, deleted, dan all auctions. Terdapat juga sub menu untuk new auction, supplier registration, item management, buyer dashboard dan vendor evaluation. Disamping itu, Wipro e-Auction menggunakan mata uang rupiah (Rp) sebagai mata uang utama transaksi guna untuk memudahkan user di Indonesia.

SISTEM AUCTION YANG SISTEMATIS

Layanan Wipro e-Auction memiliki 3 user dengan role dan level akses yang berbeda. User dengan role admin memiliki akses dalam mengedit dan menyetujui auctions, menambah dan menghapus suppliers yang telah dibuat oleh buyer dan memantau reports serta dapat masuk ke dalam live auction. User dengan role buyer memiliki beberapa fasilitas diantaranya membuat auction baru dengan persetujuan dari admin, menambahkan suppliers, membuat item templates, menambahkan items dibawah template yang bersangkutan serta dapat mengakses beberapa auction reports yang telah ditentukan oleh admin. Sementara user dengan role bidder dapat mengirimkan tawaran, mengupload dokumen dan memperbarui terms and conditions dari auction. Kami juga mendukung 2 jenis auction yaitu Reverse Auction dan Sealed Auction.

Reverse Auction memiliki fitur-fitur berikut:

  • Mengijinkan untuk dilakukannya auto bidding.
  • Menunjukkan harga per UOM (kg, destination, cubic per meter), termasuk Floor price, Basic price, Reverse price dan Landed amount.
  • Adanya periode tutup waktu di auction.
  • Waktu auction akan diperpanjang secara otomatis dengan jumlah waktu yang ditentukan.
  • Jika penawaran yang berjalan telah dilakukan lebih dari lima kali dari penawaran terakhir, maka sistem akan memberikan peringatan secara otomatis.

Sedangkan Sealed Auction memiliki fitur seperti:

  • Penawaran sah yang dapat dilakukan hanya dua kali.
  • Menunjukkan harga per UOM (kg, destination, cubic per meter), termasuk Reverse price dan Landed Amount.

Berdasarkan kedua sistem auction diatas, bidder harus segera memberikan penawaran setelah menyetujui terms and conditions. Durasi untuk pemberian penawaran dapat ditentukan di halaman admin. Jika bidder tidak memberikan penawaran dalam waktu yang ditentukan, maka bidder akan secara otomatis dihapus seperti peserta auction. Nilai penawarannya pun haruslah wajar, jika diluar batas kewajaran maka sistem akan memberikan pesan pada layar. Setiap auction juga akan dilakukan evaluasi sebagai informasi tambahan.

REAL TIME DATA SERTA FASILITAS LAINNYA

Layanan ini dapat diakses oleh sistem Android sehingga memudahkan user dalam penggunaannya khususnya di Indonesia. Fitur penting lainnya dari Wipro e-Auction, meliputi:

  • Adanya fitur Digital Signed Certificate pada dokumen yang digunakan selama penawaran atau alternative fitur serupa.
  • Memiliki fitur evaluasi vendor.
  • Terdapat fitur notifikasi berupa email, sms, desktop notifications.

Kami juga memberikan fasilitas online chatting menggunakan sistem pihak ketiga. Setiap notifikasi auction yang diterima oleh user pun dapat dilakukan secara real time atau berkala. Dengan ini, RECTmedia telah berhasil memenuhi kebutuhan serta mengembangkan layanan ini sesuai dengan tujuan awal yang telah ditentukan.

Baca juga Tips Membuat e-Auction yang Sukses

Other Projects

Kami menciptakan solusi digital inovatif yang disesuaikan dengan bisnis klien.

All Projects