PT Rect Media Komputindo

Kembangkan Bisnis Anda di Marketplace dengan CPAS Facebook

CPAS Facebook

Era revolusi industri 4.0 menjadikan perkembangan teknologi dan informasi menjadi berkembang dengan sangat cepat khususnya bidang digital, terutama di negara seperti Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan pergerakan industri digital di Indonesia yang terjadi secara pesat dalam beberapa tahun terakhir yaitu pada masa pandemi seperti sekarang. Banyak masyarakat khususnya di Indonesia yang memanfaatkan industri 4.0 seperti sekarang dengan memulai bisnis baru yang berbasis digital, yaitu di bidang e-commerce.

E-commerce, atau yang sering disebut juga dengan Electronic Commerce merupakan segala aktivitas jual beli masyarakat yang dilakukan dengan menggunakan media elektronik. Jika di masa lampau perdagangan hanya bisa dilakukan dengan menggunakan barter/uang cash, maka di masa sekarang perdagangan juga dapat dilakukan via internet.

Salah satu model e-commerce yang sering kita temukan adalah berbentuk Marketplace. Di Indonesia sendiri, ada beberapa marketplace yang sering kita temukan seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, bahkan Facebook. Dilansir dari data Indonesian E-Commerce Association (idEA), selama beberapa tahun terakhir pertumbuhan dunia e-commerce khususnya di bidang marketplace mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu sebesar 25%-30%. 

Daftar Isi

  1. Pentingya berjualan lewat Marketplace di era sekarang!
  2. Apa itu CPAS?
  3. Mengapa kita perlu menggunakan CPAS?
  4. Target segmen pasar yang bisa dijangkau dengan CPAS?
  5. Keuntungan Menggunakan CPAS
  6. Bagaimana cara memulai setup CPAS
  7. Apa yang bisa dilakukan pemilik Brand dengan CPAS?
  8. List Marketplace yang sudah bisa menggunakan CPAS per 2021

Pentingya berjualan lewat Marketplace di era sekarang!

Mengapa peningkatan Marketplace bisa sangat tinggi? Ya, peningkatan teknologi informasi yang cukup tinggi menjadi salah satu penopang peningkatan marketplace. Apa saja lainnya? Berikut kita bahas beberapa faktor utama yang menyebabkan perkembangan marketplace di Indonesia melaju dengan sangat pesat.

Faktor utama yang menyebabkan tingginya perkembangan Marketplace
  1. Harga yang bersaing
    Jika Anda pernah melakukan transaksi digital di marketplace, Anda pasti menyadari bahwa harga yang Anda temukan untuk barang yang sama dengan yang Anda temukan di toko offline (toko retail konvensional) sangatlah berbeda. Penjual di marketplace tidak membutuhkan biaya tambahan seperti sewa toko, pembayaran biaya operasional dan lainnya. Maka dari itu, harga di marketplace bisa lebih terjangkau dibandingkan dengan toko offline.
  2. Masyarakat yang melek teknologi
(Sumber : https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia )


Dilansir dari web hootsuite.com tahun 2021, jumlah populasi masyarakat Indonesia mencapai 274.9 juta jiwa dan sebanyak 202.6 juta jiwa atau sebesar 73.7% sendiri sudah bisa terhubung dan berinteraksi menggunakan internet.

Selain itu, pengguna smartphone di Indonesia di tahun 2021 sudah mencapai lebih dari populasi masyarakat di Indonesia. Dengan jumlah pengguna aktif sebanyak itu, maka Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan pengguna smartphone terbesar di Dunia.

  1. Dukungan dari pemerintah
    Pemerintah juga mendukung berbagai aktivitas digital seperti penjualan online di marketplace khususnya untuk UMKM agar menjadi semakin maju dan berkembang.

Dengan berbagai fakta seputar era digital diatas, pada kesempatan kali ini kami akan memperkenalkan kepada Anda salah satu fitur dari Facebook untuk membantu para pebisnis mendorong penjualan Anda di Marketplace.

Namun, sebelum membahas mengenai fitur dari Facebook tersebut, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu bagaimana cara beriklan menggunakan Facebook atau yang sering kita sebut dengan Facebook Ads. Facebook Ads merupakan salah satu bentuk beriklan yang disediakan oleh platform Facebook untuk memberikan kesempatan bagi para pebisnis untuk mengembangkan produk/bisnis mereka. Ada banyak bentuk iklan yang bisa Anda gunakan di  dalam Facebook Ads seperti Brand Awareness, Website Clicks, dan lain lain.

Nah, salah satu fitur menarik yang bisa Anda gunakan di platform Facebook Ads dengan toko yang anda miliki di dalam Marketplace adalah CPAS. CPAS kepanjangan dari Collaborative Performance Advertising Solution.

Jadi merupakan solusi yang sangat menguntungkan sekali. Dimana anda tidak memerlukan membuat website pribadi sendiri tapi hanya dengan menggunakan Toko anda di Marketplace yang anda gemari, anda dapat membuat iklan – iklan tertaget yang tentunya menguntungkan bagi toko dan bisnis anda.

Apa itu CPAS?

CPAS (Collaborative Performance Advertising Solution) merupakan salah satu fitur yang bisa Anda gunakan saat beriklan di Facebook dengan tujuan menjangkau lebih banyak Audience di Marketplace Anda. Sesuai dengan namanya, fitur ini merupakan kolaborasi antara platform periklanan Facebook dengan marketplace.

Mengapa kita perlu menggunakan CPAS?

Jika Anda memiliki toko online dan sudah pernah beriklan menggunakan Facebook, penting untuk mengetahui seberapa besar dampak yang Anda dapatkan dari penjualan online itu sendiri dan dari mana saja pengunjung toko Anda berasal. 

Tapi hal ini mustahil dilakukan karena Anda tidak memiliki akses khusus untuk melacak/tracking hal tersebut di marketplace besar seperti Tokopedia, Shopee, dll. Tracking tersebut hanya bisa Anda lakukan jika Anda memiliki website sendiri untuk penjualan. Hal itu dikarenakan adanya pixel tracking yang terpasang.  Namun, tidak semua penjual online memiliki website khusus yang bisa dipasang beberapa pixel untuk dilakukan tracking pengunjung. 

Di sinilah Collaborative Ads hadir sebagai solusi untuk permasalahan tersebut. Dengan menggunakan Collaborative Ads, Anda bisa seolah olah meminjam tracking dari marketplace sehingga kita bisa mengetahui seberapa efektif iklan dari Facebook yang Anda jalankan dan berapa return yang Anda hasilkan dari iklan tersebut.

Tertarik menggunakan CPAS Facebook untuk mengembangkan bisnis Anda?

Target segmen pasar yang bisa dijangkau dengan CPAS?

Berikut beberapa target segmen pasar yang bisa Anda jangkau menggunakan CPAS 

  1. Orang yang belum pernah mengunjungi marketplace Anda, namun tertarik dengan bisnis Anda.

    Dengan menggunakan fitur CPAS, Anda bisa menargetkan iklan Anda juga ke orang yang pernah berinteraksi dengan iklan yang dipasang oleh kompetitor lain dengan produk serupa. Anda juga bisa mencari Audience baru dengan menargetkan iklan Anda hanya untuk orang dengan usia, jenis kelamin, bahkan wilayah sesuai dengan target keinginan Anda.
  2. Orang yang pernah mengunjungi marketplace Anda, namun tidak melakukan pembelian.

    Pasti banyak di antara penjual online yang pernah memasang iklan baik di marketplace atau social media, namun belum mendapatkan konversi penjualan dari iklan tersebut. Mungkin pembeli sedang mempertimbangkan produk Anda dengan milik kompetitor. Pada bagian ini CPAS berfungsi sebagai pengingat kepada penjual Anda untuk kembali melihat produk yang Anda tawarkan
  3. Orang yang pernah membeli produk di marketplace Anda
    Selain dapat mencari Audience baru untuk marketplace Anda, fitur CPAS juga bisa Anda gunakan untuk kembali menargetkan orang yang pernah membeli produk di website Anda. Jika mereka sudah pernah membeli produk di Anda, maka pembeli memiliki kepercayaan kepada produk Anda. Jika Anda membuat iklan untuk mereka, bisa jadi Anda kembali mendapatkan konversi penjualan dari pelanggan setia Anda.

Keuntungan Menggunakan CPAS

Selain Anda bisa menggunakan CPAS untuk menargetkan orang orang tertentu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan lain, diantaranya :

Bagaimana cara memulai setup CPAS

Setelah Anda mengetahui berbagai keuntungan menggunakan CPAS, kini saatnya Anda memulai memasang CPAS untuk marketplace Anda.

Untuk menggunakan Collaborative Ads untuk memasarkan produk Anda di marketplace, Anda bisa mengikuti langkah berikut :

  1. Buka situs Ads Manager Facebook
  2. Pilih Akun yang akan Anda gunakan untuk Collaborative Ads
  3. Klik Buat Iklan
  4. Pilih Objective dari Campaign Anda
  5. Pilih marketplace yang sudah bekerjasama dengan Anda
  6. Import catalog produk Anda ke Facebook Bisnis Manager
  7. Tentukan Budget, Bid, Audience, Placement dan format iklan Anda
  8. Pilih dan Upload Iklan Anda. Anda bisa menggunakan gambar berbentuk slide, maupun single.

Notes : Semua link harus menuju ke marketplace rekanan Anda, bukan ke website Anda pribadi.

Apa yang bisa dilakukan pemilik Brand dengan CPAS?

Tentunya selain para retailer maka para pemilik Brand dapat menggunakan salah satu fitur iklan Facebook ini sebagai solusi untuk iklan mereka.

Berikut ini merupakan hal – hal yang bisa dilakukan pemilik brand dengan CPAS dari Facebook Ads :

List Marketplace yang sudah bisa menggunakan CPAS per 2021

Tertarik untuk memasang CPAS di Marketplace Anda? Per 2021 ini, Facebook sudah menggandeng beberapa marketplace ternama di Indonesia nah buat kalian yang sudah menjadi seller di marketplace tersebut maka bisa langsung melengkapi syarat – syarat yang mereka miliki. Berikut ini List dan Syarat Marketplace yang dapat yang dapat dipasang CPAS : 

  1. Tokopedia
    Untuk bisa memasang CPAS di Tokopedia, Anda harus terlebih dahulu melengkapi beberapa hal dibawah ini
    1. Terdaftar sebagai Official Store di Tokopedia, jika Anda ingin mendaftarkan toko Anda sebagai Official Store, Anda bisa klik link berikut
    2. Jumlah Produk minimal 20 SKU
    3. Mempunyai akun bisnis manager untuk menjalankan Facebook Ads
    4. Memiliki gambar sebesar 600px * 600px di setiap produk Anda
    5. Tidak menjual produk berbahaya seperti yang ada di link berikut (https://www.facebook.com/policies/ads/)
  2. Shopee
    Berbeda dengan Tokopedia, untuk bisa memasang CPAS di Shopee kalian tidak memerlukan akun toko hingga berstatus official. Berikut beberapa syarat untuk bisa memasang CPAS di Shopee 

    1. Mempunyai Seller ID dengan produk aktif yang sudah terupload di Shopee
    2. Memiliki ID Facebook Bisnis Manager yang dioperasikan oleh Seller maupun Agency
    3. Adanya Facebook Ad Account ID baru 
    4. Seller harus memberikan akses ke Shopee Facebook Business Account sebagai Admin
  3. Blibli
    Anda bisa mengajukan CPAS Facebook ke Blibli dengan cara
    1. Buka situs https://business.facebook.com/collaborative_ads/retailer_directory
    2. Cari situs Blibli
    3. Klik pada tombol View Profile, kemudian klik Start Request
    4. Isikan form yang disediakan oleh Facebook
    5. Tunggu kabar selanjutnya dari Blibli/Facebook Representative
  1. Bukalapak
    Daftarkan CPAS Facebook ke Bukalapak dengan cara
    1. Buka situs Facebook CPAS Directory https://business.facebook.com/collaborative_ads/retailer_directory
    2. Cari situs Bukalapak
    3. Klik pada tombol View Profile, kemudian klik Start Request
    4. Isikan form yang disediakan oleh Facebook
    5. Tunggu kabar selanjutnya dari Bukalapak/Facebook Representative
  1. Lazada
    Temukan juga cara memasang CPAS Facebook ke Lazada dengan cara

    1. Buka situs Facebook CPAS Directory https://business.facebook.com/collaborative_ads/retailer_directory
    2. Cari situs Lazada
    3. Klik pada tombol View Profile, kemudian klik Start Request
    4. Isikan form yang disediakan oleh Facebook
    5. Tunggu kabar selanjutnya dari Lazada/Facebook Representative

Dan masih ada list lainnya yang dapat kalian temukan di https://business.facebook.com/collaborative_ads/retailer_directory

Demikian penjelasan mengenai fitur CPAS (Collaborative Performance Advertising Solution ) Facebook. Jika Anda tertarik untuk memulai meningkatkan penjualan bisnis Anda melalui fitur ini, Anda bisa menghubungi kami di halaman Contact Us. RECTmedia merupakan salah satu digital agency ternama di Indonesia yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun berhasil mengembangkan bisnis para klien kami, termasuk di bidang marketplace. 

Ingin memperluas bisnis Anda menggunakan CPAS Facebook?

Exit mobile version